Sabtu, 16 Juli 2016

Pacu Perahu Tanah Sumay



TELUK SINGKAWANG,Jum,at(08/07/2016) Pacu perahu merupakan sebuah perlombaan mendayung disungai dengan mengunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon. Panjang perahu ini bisa mencapai 10 hingga 25m dengan lebar bagian tengah kura-kira 1,3m sampai1,5m.
Setiap tahunnya bertepatan dengan hari raya idul fitri diadakan lomba pacu perahu dikecamatan sumay desa teluk singkawang yang berlangsung selama dua hari yaitu pada hari lebaran kedua dan ketiga.
Acara pacu perahu ini sebagai sebuah acara budaya masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi antar desa yang ada di kecamatan sumay desa teluk singkawang yang diikuti oleh 10 team dimana setiap teamnya terdiri dari 10 orang dengan biaya pendaftaran 100 perperahu. Untuk hari pertama pacu perahu diadakan pada pukul 15.00 WIB sampai selesai, dimana hari pertama merupakan babak penyisihan sedangkan hari kedua semifinal dan final.
Ada tiga team yang masuk final yaitu seluang bungo, seluang kelumbi dan seluang pimping yang mana dipartai final ini dimenangkan oleh seluang pimping.
Juara 1,2 dan 3 pacu perahu ini akan mendapatkan tropi dan uang yang akan diserahkan setelah selah kompetisi sepak bola dilapangan desa teluk singkawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar